Rabu, 29 Desember 2010

MAC MINI vs APPLE TV SHOWDOWN

Dapatkah mini terbaru Apple mengalahkan AppleTV

Ketika Apple merilis Mac mini dengan port HDMI bulan Juni lalu, hanya butuh beberapa saat sebelum orang-orang mengira mini yang baru ini sebagai next-generation Apple TV dalam penyamaran. Benarkah? Bisa jadi.

Connections
Salah satu kekurangan fatal Mac mini adalah koneksi TV. Walaupun Anda selalu bisa menggunakan kabel DVI-to-HDMI (pada mini keluaran lama) adapter dengan DisplayPort-to-HDMI, hasilnya jauh dari memuaskan. Biasanya, gambar yang keluar melebihi batas tampilan TV. Memang, mini keluaran sebelum terakhir punya slider Underscan di preferensi sistem Display untuk mengatur ukuran tampilan agar muat dengan pas di layar TV. Di kubu Apple TV, adanya port HDMI dan opsi component-video membuat jenis koneksi ini bisa diterapkan dengan mudah.
ADVANTAGE: Seri

Mac Mini Vs Apple TV

Physical Media
Seperti Mac lainnya, mini tidak dapat memutar cakram disket Blu-ray. Meski kualitas streaming video semakin baik, dan bandwidth yang besar membuat aktivitas pembelian, penyewaan, dan streaming video menjadi lebih menarik; masih ada sebagian besar kalangan yang lebih suka menonton film lewat metode konvensional. Dalam hal ini, mini unggul karena punya optical drive yang, setidaknya, mendukung DVD standard-definition.
ADVANTAGE: Mac mini

Content
Apple TV terbaru bisa menampilkan video dari YouTube dan slideshow foto Flickr. Selebihnya, kemampuannya hanya terbatas untuk menampilkan konten library iTunes dan iTunes Store. Sedangkan Mac mini adalah sebuah Mac yang bisa memutar konten web apa saja, selama itu masih dalam batas kemampuan OS X, termasuk tipe file yang digunakan oleh iTunes. Tidak hanya itu, Mac mini mendukung playback video 1080p HD.
ADVANTAGE: Mac mini

Navigation
Dari segi navigasi, Apple TV jelas punya keunggulan. Front Row, antarmuka media untuk Mac bikinan Apple, adalah konsep yang menarik - saat dirilis setengah dekade yang lalu. Konsep ini menjadi makin mantap setelah versi terbaru Front Row membebaskan Anda melakukan banyak hal dengan peramban web - mengakses Hulu, Netflix, Pandora, Rhapsody, dan konten RadioTime - plus memutar film dan musik dari komputer mana saja atau NAS drive yang ada di rumah Anda; semua ini bisa dilakukan tanpa keluar dari antarmuka Front Row. Sebuah keyboard dan mouse nirkabel mungkin memberikan kontrol yang lebih baik atas Mac mini dari sofa. Namun untuk media center, kesederhanaan menang.
ADVANTAGE: AppleTV

DVR Capabilities
Sebagian orang tak akan merasa puas sebelum Apple TV bisa berperan sebagai perekam video layaknya TiVo. Dengan mini, Anda bisa menambah perangkat sejenis seperti EyeTV HD dari Elgato, untuk mengubah Mac menjadi DVR. Apple TV belum punya kemampuan ini, dan mungkin tak akan pernah ada.
ADVANTAGE: Mac mini

Price
Apple TV dijual dengan harga $229, sedangkan harga mini baru yang paling murah adalah $699. Diadu berdasarkan harga, Mac mini tak bisa berkutik. Jika Anda berencana untuk menggunakan mini sebagai hub untuk berbagi library iTunes di rumah, menjadi host situs Web, atau untuk pekerjaan lain (dan pekerjaan itu terbatas di depan TV), maka harga mini yang lebih mahal nampaknya masih masuk akal.
ADVANTAGE: AppleTV
(Macworld/roc)

Source: Macworld Indonesia, September 2010, halaman 78 (kapanlagi.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar