Sabtu, 11 Desember 2010

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer

Istilah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer/Human Computer Interaction), baru digunakan secara luas beberapa waktu belakangan ini. Namun mengakar dari bidang yang telah mapan sebelumnya. Studi ini muncul karena dipicu oleh perang dunia kedua dengan munculnya keperluan untuk menghasilkan sistem persenjataan yang efektif sehingga di pelajari interaksi manusia dengan mesin. Yang kemudian mendorong ketertarikan para peneliti di bidang ini dan membentuk suatu perkumpulan peneliti di bidang ergonomi (Ergonomics Research Society).

Ergonomi, bagaimana karakteristik fisik mesin dan sistem mempengaruhi kinerja user(pengguna).

Human Factor, studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dan sistem dalam menyelesaikan tugas.

Bidang lain yang juga mempengaruhi studi IMK adalah ilmu dan teknologi informasi yang membahas teknologi dan memperhatikan manajemen dan manipulasi informasi dalam suatu organisasi.

IMK melibatkan desain, implementasi dan evaluasi sistem interaktif dalam konteks tugas, dan pekerjaan user.

Dalam IMK, user adalah individual user/sekelompok/sekumpulan user yang menghadapi sebagian dari tugas atau proses dan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan teknologi.

Komputer adalah teknologi dari desktop sampai sistem komputer besar, sistem ini dapat mencakup komponen non komputer,termasuk orang.

Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer, secara langsung (direct) maupun tidak langsung (indirect). Komunikasi langsung melibatkan dialog dengan umpan balik (feed back) dan kontrol selama pelaksanaan kerja. Komunikasi tidak langsung dapat berupa background process atau process batch.

Yang terkait dengan IMK

IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai ilmu, sehingga sistem interaktif yang ideal harus memiliki keahlian di berbagai bidang seperti:

- Psikologi dan ilmu kognitif, memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.

- Ergonomi, memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan/karakteristik fisik user.

- Sosiologi, membantu pemahaman konsep interaksi secara luas.

- Ilmu komputer dan teknik rekayasa, membangun teknologi yang dibutuhkan.

- Bisnis, memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.

- Desain grafis, agar mampu menghasilkan presentasi efektif mengenai interface

- Technical writing, agar mampu membuat manual.

Dapat disimpulkan bahwa IMK terkait dengan suatu sistem interaksi/interface yang secara artistik baik dan mampu memenuhi kebutuhan tugas user dan juga merupakan perpaduan seni dan sains secara menyeluruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar